Kamis, 16 Desember 2010

TIPS IRIT BAHAN BAKAR DARI PEMEGANG REKOR DUNIA

Ingin mobil Kia anda menjadi mobil paling Irit ? Mobil produksi Kia rata-rata memang didesain agar Irit, namun tidak ada salahnya jika kita mengetahui  tips untuk membuat mobil kita lebih Irit lagi. Dibawah ini adalah cerita dan Tips Irit BBM dari Pemegang Rekor Dunia. Semoga berguna bagi anda

Sepasang suami istri, John dan Helen Taylor, baru-baru ini berhasil memecahkan rekor dunia irit bahan bakar atas nama mereka sendiri yang tercatat dalam Guiness Book of World Records.
Menempuh 14.483 km melewati 48 negara bagian di Amerika yang mereka lalui menggunakan VW Jetta, The Taylors hanya mengkonsumsi BBM sebanyak 3,46 liter per 100 km (67,9 mil per galon/mpg). Luar biasa! Apa ya tipsnya?

Rekor nasional MURI juga pernah mereka pecahkan. Pada tahun 2005 saat mengunjungi Indonesia, pasangan ini pernah bolak-balik Jakarta-Bandung 4 kali nonstop dalam sehari dan tidak menghabiskan bahan bakar bensin yang ada dalam tangki Mobil Subaru dari kondisi penuh.
Kehebatan John dan Helen berkendara ekonomis hanya berasal dari kesabaran  mereka.
“Kuncinya tetap di kaki kita. Berapapun dalam injakan pedal gas tergantung dari pengemudinya,” lanjut pasangan yang telah mengumpulkan beragam rekor dari seluruh dunia ini. 

Pernah seorang wartawan New York Times mencoba melihat bagaimana suami istri itu menyetir. Menurut si wartawan, hanya dibutuhkan satu jam untuk memahami mengapa mereka bisa memaksa mobilnya sangat hemat. 

Pertama, tentu saja, mereka tidak pernah menginjak gas dalam-dalam. Helen Taylor, yang duduk di kursi belakang, mengatakan dahulu mereka pernah menantang para wartawan untuk meletakkan telur di bawah pedal gas. Para wartawan selalu memecahkan telur. Ia dan suaminya tidak pernah memecahkan telur.

Taylor juga memperhatikan kondisi lalu lintas di depannya. Misalnya sedang berjalan 60 kilometer perjam dan sekitar 200 meter lagi lampu lalu lintas sudah menjadi kuning akan ke merah.
"Tidak ada gunanya ngebut sampai lampu merah," kata Taylor.
Ia mendekati lampu yang menyala merah itu dengan mobil  yang makin pelan dan berhenti dengan lembut. Rem hanya diinjak pelan. 

Saat lampu menjadi hijau, mobil juga bergerak pelan, tidak langsung tancap gas. "Jika Anda tancap gas, Anda menggunakan bahan bakar lebih banyak lagi." katanya.


Berikut adalah 30 tips irit bahan bakar dari mereka:

1. Mengemudi dengan Halus
Mengemudi dengan agresif dapat menggunakan bahan bakar lebih banyak sepertiga dari mengemudi yang aman. Hindari kecepatan tinggi atau pengereman terlalu keras dan berusaha untuk menjaga kemudi Anda selancar mungkin.

2. Gunakan gigi lebih tinggi

Semakin besar gigi dalam mengemudi dalam kecepatan rendah, makin ringan kerja mesin kendaraan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar.  Jadi begitu mobil berjalan, sebisa mungkin menggunakan gigi paling tinggi.

3. Perbaiki dan Servis Mesin Anda

Mesin kendaraan yang terawat baik dapat meningkatkan penghematan bahan bakar hingga 4%, Jadi, gantilah oli Anda pada waktunya dan ikuti petunjuk/rekomendasi servis kendaraan Anda.

4 Jaga Ban Anda Pada Tekanan Yang Baik

Cek dengan benar kondisi ban agar kondisinya selalu aman dan awet. Ban yang mengembang walau hanya 1psi dapat mengurangi efisiensi efisiensi bahan bakar sebanyak 3%. Ban yang terlalu kempis atau terlalu mengembang lebih rentan rusak.


5. Hindari Mengangkut Kelebihan Berat

Untuk setiap tambahan berat 45 Kg, konsumsi bahan bakar meningkat bisa hampir 1-2%. Jadi, jagalah bagasi anda atau kursi belakang bersih dari barang yang tidak perlu yang hanya menambah berat pada kendaraan Anda.
             
6. Lepas Rak atap 

Jika Anda jarang atau tidak menggunakan rak atap, lepaskanlah. Rak itu mempengaruhi efisiensi aerodinamis kendaraan dan menimbulkan tarikan, mengurangi pengiritan bahan bakar sebanyak 5%.

7. Gunakan Oli yang direkomendasikan

Selalu gunakan kelas yang direkomendasikan bagi jenis kendaraan Anda. Menggunakan oli yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan Anda dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dari 1-2%. Semakin berkualitas oli kendaraan, semakin efisien pula mesin Anda bekerja.


8. Bahan Bakar Berpengaruh

Semua bahan bakar tidak diciptakan sama. Efesiensi bahan bakar adalah perpaduan dari kebiasaan mengemudi yang baik dan menggunakan bahan bakar yang tepat.  Bahan bakar yang baik mengurangi gesekan dan meningkatkan kebersihan pada mesin, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar. Keluarga Taylor telah memilih bahan bakar Shell yang membantu mereka meraih Guinness World Records sebagai hasil dari tes pribadi mereka sendiri.
9. Hindari menyalakan mesin mobil tanpa menjalankan mobil
Menyalakan mesin mobil dalam waktu lama tanpa menjalankan mobil akan menghabiskan bahan bakar. Jadi matikan mesin saat berada dalam antrian atau menunggu seseorang.

10. Rencanakan perjalanan Anda dengan Baik
Mengurangi waktu yang dihabiskan di dalam mobil adalah cara termudah untuk mengirit bahan bakar. Untuk mengurangi waktu mengemudi, rencanakan perjalanan anda, kunjungi beberapa tempat dalam satu perjalanan.


11. Hindari ganti gigi saat rpm sudah tinggi
Ubah gigi porseneling dengan hati-hati ketika Anda memacu kendaran. Jangan sampai mesin sudah protes "ngguuunggg" baru ganti gigi.

12. Jaga Jarak Anda

Sisakan jarak yang tepat antara Anda dan mobil di depan untuk memberikan cukup waktu untuk mengerem dengan aman.
"Jika Anda menempel mobil di depan, Anda terus menginjak rem, kuncinya adalah sabar. Anda tak perlu tergesa-gesa," katanya.

13. Hindari Kecepatan Tinggi

Semakin cepat Anda ngebut melebihi batas kemampuan kendaraan Anda, resistensi angin akan lebih besar dan menghabiskan konsumsi bahan bakar Anda. Perhatikan batas maksimum pemacuan kendaraan yang paling efisien.

14. Gunakan penyejuk udara (AC) dengan hemat

Penyejuk Udara (AC) menambah ketegangan pada mesin dan mengkonsumsi bahan bakar untuk beroperasi, jadi batasi penggunaannya dan juga temperaturnya.


15.  Cek kondisi Filter
Filter udara tersumbat dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar sebanyak 10%, karena asupan udara tidak cukup berarti setiap pembakaran kurang efisien.

16. Hindari Jam Sibuk
Jika Anda dapat melakukan perjalanan di luar waktu puncak kesibukan. Anda akan mengurangi waktu terjebak dalam lalu lintas dan sebagai hasilnya irit bahan bakar.

17. Menjaga Momentum
Daripada meluncur saat melewati lereng menurun, lebih baik menjaga kestabilan mesin. Sehingga jika anda kemudian mendaki bukit, akan memberi momentum daya yang cukup untuk mendaki naik, energi irit.

18. Pastikan Tutup Bahan Bakar Udara Anda dengan Rapat
Bahan bakar menguap setiap kali Anda membuka tutup bahan bakar. Untuk menghentikan ini,  isilah tangki bahan bakar lebih banyak daripada berulang kali menutup tangki Anda.

19. Jaga Ketenangan

Bila Anda tidak tenang saat mengemudi, Anda akan lebih mudah untuk membuat kesalahan mengambil keputusan. Efisiensi bahan bakar terkait erat dengan cara membawa mobil dengan lancar, dan tetap tenang adalah mutlak penting untuk mencapai hasil terbaik untuk mengirit bahan bakar.

20. Tiupan Angin dari arah berlawanan
Ketika Anda sedang berhadapan dengan sebuah angin dari arah berlawanan, mesin harus bekerja lebih keras untuk maju karena dorongan angin tersebut. Satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah menurunkan kecepatan Anda untuk memastikan bahwa mesin tidak bekerja terlalu keras.

21. Gunakan Rem Tangan pada Turunan

Beberapa pengendara gagal memanfaatkan rem tangan ketika menghentikan kendaraan mereka di turunan. Sebaliknya mereka menginjak kopling mereka (pada transmisi manual), atau menggunakan pedal gas (pada transmisi matic), untuk menjaga kendaraan dari mengelinding.

22. Melewati turunan
Melewati turunan tanpa gigi sebenarnya menggunakan bahan bakar. Ketika Anda berkendaraan menuruni bukit dengan gigi yang paling aman, dalam mobil modern Anda tidak akan menggunakan bahan bakar apapun.

23. Pengemudi

Sejauh ini, inilah faktor yang paling penting dalam pengurangan konsumsi bahan bakar Anda. Aturannya adalah hanya JANGAN TERBURU-BURU. Tidak perlu 'Menginjak-injak "pedal gas ke karpet untuk lampu lalu lintas merah berikutnya. Ingat ini - Hal ini dimungkinkan untuk mencapai kecepatan yang sama menggunakan jauh lebih sedikit bahan bakar hanya dengan kesabaran. Jika Anda terlalu sering  menginjak-nginjak pedal rem, sebenarnya menghabiskan energi. Cobalah untuk mengantisipasi situasi lalu lintas, itu lebih aman JUGA.

24. Berkendaralah dengan Ringan
Wanita biasanya suka membawa banyak barang di dalam tas, padahal belum tentu dipakai di hari itu, demikian pula mereka menaruh banyak barang didalam mobil. Keluarkan belanjaan, sepatu, pakaian,  baby seat (kursi bayi) dari mobil Anda jika tidak diperlukan, tinggalkan di rumah. Semakin banyak barang yang anda bawa, semakin tinggi mengkonsumsi bahan bakar Anda.

25. Persiapan - Sebelum Anda Menyetir!

Bepergianlah saat waktu memungkinkan bagi anda untuk menikmati perjalanan. Buat rencana sehingga Anda telah merapikan rambut Anda dan ber-make-up SEBELUM Anda meninggalkan rumah. Anda akan bepergian dengan aman dan anda akan mengemudi dengan lancar, yang akan mengkonsumsi lebih sedikit bahan bakar.

26. Jangan Pernah Menggunakan Telepon Saat Mengemudi
Bila terpaksa harus menerima telepon, gunakan handsfree/earphone. Tapi yang terbaik adalah menepi ke daerah yang lebih aman, sehingga mengurangi gangguan yang berbahaya untuk pengguna jalan lainnya. Anda pun bisa bicara lebih konsentrasi, terutama saat mengambil keputusan penting.

27. Rencana Perjalanan Anda

Rencanakan rute dan jalan yang akan dilalui dan hindari lalu lintas jam sibuk. Periksalah peta sebelum berangkat atau tanya kepada orang rumah/teman kantor kepada yang lebih tahu jalan atau bertanya langsung pada orang di tempat yang ingin dituju, agar tidak sedikit-sedikit berhenti tanya jalan atau nyasar, harus putar balik jauh dan sebagainya, yang akan memboroskan bahan bakar. Hafalkan jalan dan kenali jalan tikus akan banyak membantu Anda.

28. Kecepatan bertahap:
Menjaga Kecepatan secara Konsisten
Mempercepat secara bertahap ketika bergerak. Langsung memacu kendaraan dapat membakar bahan bakar lebih banyak. Sekarang, sebagian besar jalan-jalan besar kondusif untuk mengirit bahan bakar yang baik, dengan batas kecepatan 50 hingga 100 kilometer per jam pada jalan raya.  Jaga kecepatan secara konsisten, di batas kecepatan sesuai peraturan.

29. Nikmati Berkendara 

Perhatikan jalan, sinyal, rambu kendaraan, dan mengemudilah dengan lancar dan sesantai mungkin anda bisa. Dengan halus mengemudi konsisten akan menghasilkan pengiritan angka yang lebih baik.

30. Membawa Anak-anak dan Bayi

Ketika membawa anak-anak dan bayi, kepentingan untuk mereka diselesaikan terlebih dahulu SEBELUM Anda memulai perjalanan Anda. Pastikan mereka puas dan Anda tidak akan mendapatkan gangguan yang tidak perlu. Hasilnya akan menjadi lancar dan perjalanan lebih aman!


Demikianlah 30 Tips untuk membuat konsumsi mobil Kia anda agar lebih Irit. Jika anda bisa benar-benar menerapkan semua tips tersebut, pasti anda akan dapat benar-benar menekan biaya yang anda harus keluarkan untuk mengisi bensin di mobil anda. 

Bila anda belum bisa menerapkan semuanya, pilihlah tips yang anda dapat terapkan dengan mudah. Karena mungkin untuk melakukan hal-hal yang dilakukan oleh pasangan Taylor tersebut bukanlah hal yang mudah, terutama bagi kita yang hidup di Jakarta. Menyetir dengan cara biasa aja sudah susah karena lalu lintas yang sering semrawut. Apalagi ditambah harus menerapkan 30 cara tersebut. Bisa- bisa nanti bahan bakar irit, tapi kita malah STRESS

Composed by - Ilman Kia -

1 komentar:

  1. Saya TINTIN RAHMAYANTI Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk umat saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang wanita Bisnis dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan di bulan DESEMBER 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 4-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM yang andal.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp800.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya terapkan, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (tinrahma222@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus