Selasa, 15 Februari 2011

City Car mobil yang cocok untuk kaum hawa


Kendaraan yang nyaman sekaligus cantik bisa dikatakan sebagai kebutuhan perempuan masa kini. Agar tidak salah pilih, sebaiknya kenali betul spesifikasi dan kemudahan yang ditawarkan. 
 

Mobil dan perempuan. Dua hal ini tampaknya sudah tidak asing lagi untuk disandingkan bersama. Di jalan-jalan Ibu Kota, sangat mudah ditemui kaum hawa berkendara sendiri untuk memenuhi berbagai keperluan dan aktivitas mereka, mulai dari bekerja, mengantar anak sekolah, berbelanja, dan sejumlah aktivitas lain yang kerap dilakukan perempuan.

Kebutuhan akan kendaraan yang nyaman dan mampu untuk menunjang aktivitas perempuan memang sudah menjadi pertimbangan para produsen otomotif untuk merebut pasar. Setiap tahun perkembangan kebutuhan perempuan terhadap jenis mobil yang nyaman dengan tampilan menarik bisa dikatakan meningkat.

Bukan hanya pertumbuhan perempuan berkendara yang semakin banyak, hasil survei yang dilakukan sebuah perusahaan otomotif juga menunjukan bahwa 50 persen keputusan dalam memilih jenis kendaraan yang akan dibeli oleh sebuah keluarga dipegang oleh perempuan. Sehingga, keberadaan mobil yang mampu mengakomodasi kepentingan dan penilaian perempuan menjadi sangat penting bagi industri otomotif.

Potensi pasar perempuan yang tinggi membuat produsen-produsen mobil Eropa, seperti Fiat dan VolksWagen (VW), menciptakan seri khusus untuk kalangan ini. Fiat memiliki seri Fiat 500 Barbie yang merupakan hasil kerja sama dengan perusahan Mattel, yaitu perusahaan yang memproduksi boneka Barbie dan dijual hanya beberapa unit saja di dunia. Sedangkan VW memiliki aneka pilihan kendaraan yang didominasi warna pink serta aksesori yang pasti disukai perempuan.

Di Indonesia, pertengahan tahun lalu, Hyundai menyebut varian seri mereka, yakni Hundai seri i10 sebagai mobil yang bisa mengakomodasi kebutuhan berkendara para kaum hawa. Jenis ini dinyatakan memiliki kenyamanan dan kemudahan fitur yang lekat dengan nuansa feminin, baik dalam bentuk bodi maupun perangkat di dalamnya.

Seri i10 disajikan dalam lima varian, yakni iCool, iChick, dan iCare dengan pilihan transmisi otomatis maupun manual dengan tampilan tampak luar yang cantik.

“Wanita itu kan membutuhkan suatu kemudahan dalam berkendara. Sisi kemudahan yang ditawarkan oleh i10 ini adalah spersifikasinya yang simpel, terutama spesifikasi mesin,” kata Vice President Sale and Marketing PT Hyundai Motor Indonesia Erwin Djajadiputra.

Interior dalam kabin mobil juga bisa dibilang sederhana, namun tetap menjaga kenyamanan penggunannya. Tidak salah rasanya jika dikatakan sebagai mobil perempuan karena seri i10 dilengkapi dengan kotak kosmetik, kotak sepatu, dan tempat khusus untuk menggantung pakaian.

“Kami mengusung mesin 1,1 liter, dengan kapasitas 1.086 cc yang hemat bahan bakar. Sedangkan untuk interior di dalam kabin juga kami sajikan dengan sangat simpel. Semua fitur mudah dijangkau, namun tetap memberikan kenyamanan kepada para penumpang di dalam mobil dan pengemudinya,” kata Erwin.

Kelebihan lain yang ditawarkan Hyundai i10 adalah kemudahan untuk melakukan parkir. Sisi ini menjadi perhatian, mengingat perempuan, menurut Erwin, umumnya menginginkan adanya kemudahan ketika pengemudi memarkir kendaraannya.

Bodi Hyundai i10 memiliki panjang sekitar 3,5 meter (m) dan lebar 1,5 m, yang menurut Erwin akan memudahkan pengemudinya memarkir kendaraan tanpa memerlukan ruang yang terlalu lebar. Tidak hanya kemudahan dalam parkir, kemudahan lain dengan spesifikasi bodi seperti ini, menurutnya, juga membuat pengemudinya akan leluasa untuk bermanuver dan meliuk-liuk di antara kendaraan lain di jalan raya.

Di kalangan mobil jenis city car, Erwin mengaku, Hyundai i10 ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan kompetitor lainya di pasar yang sama. Penampilan i10 dinilainya lebih gaya dan modern. Hyundai juga lebih ekspresif, atraktif, dan dinamis.

Desain interior juga memberi kesan dinamis, fleksibel sesuai dengan kebutuhan manusia urban masa kini. Dengan penampilan dan dimensi yang compact, i10 akan sangat menarik bagi mereka yang sangat sibuk atau sering bermobil di tengah kemacetan Ibu Kota. Pasalnya, selain bisa bergerak dengan gesit dan lincah, konsumsi bahan bakar yang irit juga bisa membantu para perempuan untuk lebih berhemat.

Miliki Kompetitor
Lebih lanjut, Erwin menyebutkan selama ini, city car merupakan pasar yang cukup pontensial untuk perempuan. Pasalnya, hampir 50 persen pangsa pasar mobil jenis ini adalah kaum perempuan. Dan di ranah ini, Hyundai i10 harus bersaing dengan sejumlah city car yang telah lebih dahulu ada, misalnya Kia Picanto.

Kia Picanto telah hadir sejak 2004, menjadikannya City Car yang paling lama diantara merk lain, Kia Picanto juga memiliki predikat sebagai City Car dengan penghargaan paling banyak dengan 13 Award yang 12 diantaranya adalah Best City Car Award dari berbagai media. Yang terbaru adalah Award dari lembaga survey Singapura yakni, "Mobil dengan biaya operasional paling rendah" di tahun 2010 yang lalu. Hal ini dilihat dari Harga baru mobil, Konsumsi bensin, Harga Sparepart, Biaya Service dan Harga jual kembali. Kia Picanto berhasil mendapatkan penilaian terbaik diantara mobil lain dikelasnya. Untuk leih jelasnya kenapa Kia Picanto menjadi pilihan yang terbaik untuk City car, anda dapat lihat disini.


Meski tidak dirancang secara khusus untuk perempuan, Kia Picanto memang cenderung melirik pangsa pasar kaum remaja, wanita karier, dan ibu rumah tangga, serta pekerja yang aktif.

Bila dilihat secara desain, konsep keduanya terbilang mirip. Salah satunya adalah sama-sama menyediakan bumper yang sewarna dengan bodi dan kaca spion. Pada bumper depan juga dipasang lampu kabut. Meski begitu, bentuknya berbeda. Kia Picanto menggunakan bumper dengan gril berukuran besar, yang memberi kesan bertenaga dan agresif, seperti yang banyak dipakai mobil-mobil masa kini.


Penjualan Kia Picanto juga mangalami peningkatan yang sangat signifikan di 2010, penjualan Kia secara keseluruhan naik 100% lebih dibandingkan penjualan 2009. Hal ini menunjukkan bahwa Kia Picanto telah mendapatkan reputasi yang baik dari masyarakat pemakai mobil.

Di  penghujung 2010 Nissan juga meluncurkan City car nya, Nissan March dapat menjadi alternatif untuk pemakai city car di Indonesia. Mobil ini telah mempunyai reputasi yang cukup baik di Asia, khususnya di Thailan dan India. Walaupun Nissan March tidak dapat dikatakan sebagai mobil yang diperuntukkan wanita, namun City Car ini cykup menjadi fenomena di Industri otomotif Indonesia, hal ini dapat dilihat dari respon masyarakat yang sangat tertarik terhadap mobil ini. Jumlah pemesanan mobil ini sejak pertama kali diluncurkan bida dikatakan sangat baik.

Pengamat otomotif Suhari Sargo melihat pembedaan antara mobil perempuan dan mobil laki-laki lebih pada faktor selera dalam penampilan dan faktor kebutuhan terhadap mobil, terutama terkait dengan aktivitas masing-masing. Kendati demikian, mobil yang bisa dikatakan ramah terhadap perempuan adalah mobil yang memberikan sejumlah kemudahan, baik kemudahan dalam mengoperasikannya, dalam perawatan, dan kemudahan perawatan terhadap aksesori yang digunakan
 

2 komentar:

  1. Thank u buat infonya, please kunjungan baliknya! -Rudyanto Lay

    BalasHapus
  2. Saya TINTIN RAHMAYANTI Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk umat saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang wanita Bisnis dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan di bulan DESEMBER 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 4-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM yang andal.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp800.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya terapkan, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (tinrahma222@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus