Kamis, 16 Desember 2010

Membuat Picanto lebih irit

Picanto didesign sebagai kendaraan yang irit BBM tapi kita bisa lebih memaksimalkan keiritan picanto biar lebih irit, untuk itu pemakaian picanto bisa dibagi menjadi 2 kategori, jalan dalam kota dan luar kota. 
Sebelumnya kita harus tahu perbandingan dari tiap gigi persneling picanto, yang ternyata ratio gigi 4 picanto (M/T) punya ratio kurang dari 1 (0,853) ini sama dg O/D pada picanto A/T, sedangkan ratio gigi 5 picanto (M/T)  yaitu 0,719.
Kemudian kita melihat torsi maksimum dari picanto itu sendiri didapat pada RPM 2800.

Untuk perjalanan Dalam Kota:
Ideal-nya untuk perjalanan dalam kota yang rata2 kurang dari 100kpj kita cukup menggunakan gigi 4 untuk cruising dalam kota, dengan perpindahan gigi dibawah 2800 RPM dan melakukan injakan gas secara smoth (tidak asal injak/bejek ini jelas akan bikin lebih boros)

Untuk Perjalanan Luar Kota:
Idealnya tentu menggunakan gigi 5 atau O/D pada picanto A/T, tentu dengan perpindahan gigi tiap dibawah 2800 RPM dan injakan gas se-smoth mungkin niscaya akan lebih irit lagi


Penutup:
Bagi pengguna pica M/T, yg mungkin selama ini mengandalkan "feeling" saja saat mengendarai pica nya, mohon dipertimbangkan untuk mempergunakan paling tidak gigi 3 saat ingin menyalip kendaraan didepannya, terutama saat berkendara keluar kota, terkecuali posisi laju pica sudah diatas 100 km/jam dan tidak ada kendaraan dari arah berlawanan karena pada posisi O/D torsi yg dihasilkan mesin untuk menarik mobil kita tidak lagi maksimal.
Tulisan ini hanya sekedar sharing saja, tanpa maksud apapun kepada pihak2 tertentu karena sewaktu saya ke salatiga beberapa hari lalu, pada kondisi jalan yg cukup padat tersebut saya makin mengenal "karakter" mesin pica yg secara konstan memaksa saya untuk selalu rajin memainkan gigi persneling utk mendapatkan tenaga yg memadai saat bermanuver.
Satu tambahan lagi, berbahagialah pemilik pica A/T karena disamping nggak repot harus pindahin gigi, ternyata rasio nya pun lebih "masuk akal" 

Disadur dari beberapa postingan rekan-rekan di milis picanto_indonesia@yahoogroups.com

1 komentar:

  1. Saya TINTIN RAHMAYANTI Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk umat saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang wanita Bisnis dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan di bulan DESEMBER 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 4-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM yang andal.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp800.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya terapkan, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (tinrahma222@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus